Kamis, 26 April 2012

Wisata Kuliner Jogja [Ice Cream Tip Top - Kopi Joss - Oseng Mercon]

Jogja tempat yg cocok buat para orang2 yg suka jalan2 kuliner, nyobain makanan2 baru, unik, enak, aneh. Banyak banget jenis makanan yg ada di Jogja, ga bakalan bosen kalo jalan2 di Jogja. Tempat yg gue kunjungin buat Wisata Kuliner HOLIDAY TRIP TO JOGJA SOLO, ga cuma The House of Raminten, ada 3 tempat yg gue rasa cukup unik & khas di Jogja. Semua orang pasti uda ga asing sama yg namanya "GUDEG", tapi jalan2 kuliner gue ga ngunjungin tempat makan Gudeg. Tempat yg gue datengin buat Wisata Kuliner di Jogja; Ice Cream TIP TOP, Kopi Joss, Oseng Mercon. Buat yg belom tau & penasaran pengen nyobain, gue kasih gambaran sedikit tentang ke-3 tempat itu.

========================================================================
ICE CREAM TIP TOP

Kedai Ice Krim Tip Top berada di Jalan P. Mangkubumi 24 atau tepatnya di selatan Kantor Harian Umum Kedaulatan Rakyat membuka kedainya mulai jam 09.30 - 13.30 & 17.00 - 21.30, Hari Minggu tutup. Kedai yang berjaya pada tahun 1960-1970-an, pada masa itu merupakan kedai yang menjadi salah satu gaya hidup kaum berpunya atau kawula muda yang ingin menikmati gaya hidup modern yang boleh dibilang mewah. Pendeknya kedai ini menjadi salah satu simbol kemodernan di masa itu. Maklum saja karena es krim merupakan santapan baru, yang mewakili gaya santap orang Eropa/Amerika yang selalu diidentikkan dengan kemodernan atau kemajuan zaman yang serba wah.

[Ice Cream Ala Tip Top]

[Me `n Friends @ Ice Cream Tip Top]
[Tip Top Di Siang Hari | Pricelist Ice Cream *1* | Tip Top Di Malam Hari *2*]

Sumber;
*1*    *2*
======================================================================== 
KOPI JOSS

Kopi Joss adalah kopi tubruk panas yang diberi arang membara. Begitu dimasukin arang maka kopi akan mengeluarkan suara josss yang kencang sehingga terciptalah nama kopi itu. Minuman ini bisa ditemukan di semua angkringan-angkringan sudut kota Jogja, tapi menurut gue kumpulan angkirngan yg nyediain Kopi Joss paling banyak ada di sebelah Utara Stasiun Tugu.

Seorang pria tua yang akrab dipanggil Pak Man atau Lik Man telah membuat kopi joss sejak tahun 1960-an. Seperti kebanyakan racikan kopi dari daerah ini, ia mencampur bubuk kopi dengan empat sendok gula. Kemudian ia menuang air panas dari ketel besi dan diikuti dengan memasukkan bahan utama; arang yang masih menyala dari api kompor.

Arang membantu menetralisasi asam lambung dan sudah lama menjadi obat bagi masalah gas dan kembung. Kini demi kepraktisan, tablet arang memang dijual di apotek, tetapi 50 tahun lalu kopi tampaknya adalah cara yang lebih menyenangkan untuk mencerna obat yang mengatasi masalah perut dan usus.

[Angkringan Lik Man *1* | Angkringan Pak Seh]

[Angkringan Malam Hari *2* | Arang Dimasukin ke Kopi Joss *3*]

[Pricelist *4* | Kopi Joss *5* | Temen Gue Yg Nyobain Kopi Joss]
Sumber;
*1*  *2*  *3*  *4*  *5*
======================================================================== 
OSENG MERCON

Buat penyuka makanan pedas, warung Oseng Mercon Bu Narti ini bisa jadi tempat pelarian sejenak setelah jenuh dengan sajian serba manis ala Jogja. Namun, Bu Narti sang pemilik tempat makan yang berada di Jalan Ahmad Dahlan Yogyakarta ini ternyata tetap berkompromi dengan lidah masyarakat lokal. 

Rasa manis masih tersisa, eksis diantara serbuan rasa panas menyengat dari cabe yang menyerbu mulut ketika kita melahap oseng-oseng berisi lemak dan daging sapi ini. Pedasnya berani, rasa manisnya juga dominan. Oseng-oseng mercon boleh dibilang sebagai sajian yang telah melegenda di Jogja sejak 1997 ini. Keberadaannya seakan menghapus kesan bahwa semua masakan Jawa Tengah berselera manis.

Warung oseng-oseng mercon Bu Narti merupakan warung lesehan yang menjadi oseng-oseng mercon sebagai menu andalannya. Warung makan ini dirintis oleh Bu Kardi yang mulai berjualan tahun 1960-an di depan SMU Muhammadiyah putri Purwodiningratan. Waktu itu, Bu Kardi memperoleh pemberian daging yang dicoba dimasak menjadi oseng-oseng yang pedas dan dijual, ternyata laku. Bu Narti merupakan putri Bu Kardi meneruskan berjualan di jalan KH Ahmad Dahlan, dari jam 5 sore sampai dengan jam 10 malam.

[Oseng Mercon Bu Narti]

[Oseng Mercon]

======================================================================
HOLIDAY TRIP TO JOGJA - SOLO
======================================================================

4 komentar:

  1. Bagus bang artikelnya, lagi nyari tentang kopi joss. eh diarahin mbah google ke situs abang ^^b
    -arum-

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga, terima kasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas kunjungannya :D
    Sukses lapaknya

    BalasHapus