Kamis, 26 April 2012

Keraton Surakarta Hadiningrat [Keraton Solo]

Tempat pertama yg gue datengin di Kota Solo [Surakarta]; Keraton Surakarta. Sedikit penjelasan tentang Keraton Surakarta.

========================================================================
KERATON SURAKARTA HADININGRAT

Keraton Surakarta atau lengkapnya dalam bahasa Jawa disebut Keraton Surakarta Hadiningrat adalah istana Kasunanan Surakarta. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwono II (Sunan PB II) pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743. Istana terakhir Kerajaan Mataram didirikan di desa Sala (Solo), sebuah pelabuhan kecil di tepi barat Bengawan (sungai) Beton/Sala. Setelah resmi istana Kerajaan Mataram selesai dibangun, nama desa itu diubah menjadi Surakarta Hadiningrat. Istana ini pula menjadi saksi bisu penyerahan kedaulatan Kerajaan Mataram oleh Sunan PB II kepada VOC pada tahun 1749.

Setelah Perjanjian Giyanti tahun 1755, keraton ini kemudian dijadikan istana resmi bagi Kasunanan Surakarta. Kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sunan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kerajaan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Solo. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa tradisional yang terbaik.
======================================================================== 
Tiket masuk Keraton Surakarta lumayan murah, Rp. 10.000/orang & Rp. 2.000/kamera, karna dengan harga segitu, banyak banget yg bisa kita liat di dalam keraton. Lumayan puas juga ngambil foto2 di keraton, foto2 di bawah sedikit moment yg uda gue ambil di sana.

[Silsilah Kerajaan]

[Art Shop | Toilet]

[Wayang]
[Sebagian Objek Keraton Solo]

[Tanduk Kiai Slamet | Suasana Dalam Ruangan]

[Pendopo Pagelaran Keraton Solo]

[Koleksi Kereta | Logo "VOC"]
  
[Salakarta? | Surakarta? | Sala?]

[Me `n Friends @ Keraton Solo]

======================================================================
HOLIDAY TRIP TO JOGJA - SOLO
======================================================================

2 komentar: