Kamis, 26 April 2012

Candi Sukuh [Bangunan Suku Maya-nya Indonesia]

Tempat yg ga lupa jadi agenda kunjungan HOLIDAY TRIP JOGJA SOLO; Candi Sukuh.

======================================================================== 
CANDI SUKUH

Candi Sukuh adalah sebuah kompleks Candi Agama Hindu yang terletak di Kabupaten Karanganyar, eks Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah. Lokasi Candi Sukuh terletak di lereng kaki Gunung Lawu pada ketinggian kurang lebih 1.186 meter di atas permukaan laut pada koordinat 07o37, 38’ 85’’ Lintang Selatan dan 111o07,. 52’65’’ Bujur Barat. Candi ini terletak di Dukuh Berjo, Desa Sukuh, kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini berjarak kurang lebih 20 kilometer dari kota Karanganyar dan 36 kilometer dari Surakarta.

Candi ini dikategorikan sebagai Candi Hindu karena ditemukannya obyek pujaan Lingga dan Yoni. Candi ini digolongkan kontroversial karena bentuknya yang kurang lazim dan karena banyaknya objek-objek Lingga dan Yoni yang melambangkan seksualitas.

Situs Candi Sukuh dilaporkan pertama kali pada masa pemerintahan Britania Raya di tanah Jawa pada tahun 1815 oleh Johnson, Residen Surakarta. Johnson kala itu ditugasi oleh Thomas Stanford Raffles untuk mengumpulkan data-data guna menulis bukunya The History of Java. Setelah masa pemerintahan Britania Raya berlalu, pada tahun 1842, Van der Vlis, arkeolog Belanda, melakukan penelitian. Pemugaran pertama dimulai pada tahun 1928.
[Denah Candi Sukuh]
======================================================================== 
Cuaca di komplek Candi Sukuh lumayan sejuk, cenderung dingin, karna emang letaknya ada do kaki Gunung Lawu, jadi suasananya enak banget kalo buat jalan2 di sana, tapi kalo emang pas siang lagi terik2nya tetep aja terasa panas sinar mataharinya. Tiket masuknya lumayan murah cuma Rp 2.500/orang. Bangunan Candi Sukuh mirip Bangunan yang ada di Suku Maya, Meksiko.

 
 [Bagian Depan Candi Sukuh]

[Relief Candi Sukuh]

  
[Komplek Candi Sukuh]

[Me `n Friends @ Candi Sukuh]

Sedikit cerita tentang bangunan candi di samping, kenapa bangunan candi itu pintu masuknya dipagerin, karna ada mitos kalo ada yg lewatin pintu masuk itu bakalan ga bisa punya keturunan, mitos itu gue dapet dari cerita babe gue. Kalo masalah bener enggaknya, gue sendri kurang gitu tau, soalnya mitos itu yg beredar di masyarakat sekitar Candi Sukuh.


======================================================================
HOLIDAY TRIP TO JOGJA - SOLO
======================================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar