Kamis, 26 April 2012

Museum Perjuangan - Museum Sandi

HOLIDAY TRIP TO JOGJA SOLO masih berlanjut, kali ini objek wisata yg gue datengin termasuk Wisata Sejarah Indonesia; "Museum Perjuangan - Museum Sandi". Menurut gue, objek2 wisata sejarah misalnya museum, minat pengujung masih jarang banget, kenapa gue bisa bilang kaya gitu, soalnya waktu liat buku tamu yg ada di museum itu, dikit banget pengunjung yg dateng ke sana. Sebenernya buat masuk museum ini ga perlu bayar alias gratis, di sana kita bisa liat banyak hal2 yg berhubungan sama Sejarah Indonesia.

========================================================================
MUSEUM PERJUANGAN

Museum berdiri atas inisiatif panitia peringatan: "Setengah abad Kebangkitan Nasional Propinsi DIY” pada Tahun 1958 yang dimaksudkan untuk mengenang sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia pembangunan dimulai dengan peletakan batu pertama oleh Sri Paku Alam VIII , pada tanggal 17 Agustus 1959 dan selesai pada tanggal 29 juni 1961 dengan peletakan batu terakhir.

Peresmian sekaligus pembukaan Museum oleh Sri Paku Alam VIII . Awal mulanya Museum Perjuangan dikelola oleh Panitia ”Setengah Abad Kebangkitan Nasional DIY ” ( 1961-1963 ). Selanjutnya pada Tahun 1963 sampai dengan 1969, Panitia mengalami kesulitan dalam mencari dana sehingga Museum tidak dibuka untuk umum. Pada Tahun 1970 -1974 Museum masih ditutup dan berada dibawah Pemda Propinsi DIY. Pada Tahun 1974-1980 Museum masih ditutup, tapi pengelolaan Museum dilimpahkan ke Kanwil Depdikbud Propinsi DIY. Dan, baru pada tahun 1980-1997 Museum itu disatukan dengan Museum Negeri Sonobudoyo dan dibuka untuk umum. Pada tgl 5 September 1997 Museum Perjuangan disatukan dengan Museum yang seaspek (Museum Sejarah) yaitu Museum Benteng Yogyakarta dan menjadi Museum Benteng Yogyakarta Unit II .
========================================================================
MUSEUM SANDI

Museum Sandi menampilkan berbagai koleksi persandian bersejarah. Museum ini dibangun atas prakarsa bersama antara Kepala Lembaga Sandi Negara RI, Mayjen TNI Nachrowi Ramli dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tahun 2006 dan diresmikan pada tanggal 29 Juli 2008.

Museum Sandi berada di komplek Museum Perjuangan yang beralamat di jalan Kolonel Sugiyono No. 24 Bontokusuman, Yogyakarta, dengan Nomor Telepon (0274) 412656.
Jam Buka;
Senin - Kamis : 08.30 - 15.00
Jum'at             :  08.30 - 11.30
Sementara pada Sabtu, Minggu dan Hari Besar Nasional/Keagamaan tutup (Jam buka Museum Sandi disesuaikan dengan jam buka Museum Perjuangan).

Ingin lebih lengkap silakan kunjungi sumber di bawah ini;

Museum Sandi 1

Museum Sandi 2
========================================================================

Sedikit gambaran tentang Museum Perjuangan - Museum Sandi, jadi ke-2 Museum tadi terdapat dalam satu bangunan/gedung, Museum Perjuangan ada di lantai 1 [lantai utama] & Museum Sandi ada di lantai bawah tanah, suasana dalam gedung museum bisa lihat foto di bawah.

[Tampak Depan | Gedung Museum Perjuangan - Museum Sandi]

[Lantai Utama Museum Perjuangan]

[Lorong Penghubung Lantai Utama - Lantai Bawah Tanah]
[Bagian Depan/Awal Museum Sandi]



 
[Suasana Dalam Ruangan Museum Sandi]

[Me `n Friends @ Museum Perjuangan - Museum Sandi]

======================================================================
HOLIDAY TRIP TO JOGJA - SOLO
======================================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar