Jumat, 20 April 2012

Solo Trip Bali Lombok *Part 3*



Selasa, 13 Maret 2012, pagi yg berat gue buat beranjak dari kasur, badan gue trasa pegel banget, tapi kalo kelamaan di kasur, gue bakalan keilangan banyak waktu buat jalan2 di Pulau Lombok. Kegiatan pagi itu, gue pake buat beres2 sekalian siap2 cek out dari hotel, karna sorenyague uda harus nyebrang ke Pulau Bali lagi. Slese beres2 dan siap jalan kira2 jam8, tujuan pertama gue yaitu ke Term. Mandalika buat beli tiket bis yg nyebrang ke Bali, di terminal gue dapet info kalo bis berangkat sekitar jam 16.30. Oh iya, kali ini gue bayar Rp 120.000 karna gue uda tau harga sebenernya.

Setelah slese dengan urusan tiket bis, gue langsung lanjut jalan2, yg jadi tujuan gue; Pantai Malimbu, Pantai Batu Layar, Pura Batu Bolong, Pantai Senggigi, Pasar Seni Senggigi, Gili Trawangan. Gue masuk ke semua objek wisata di Lombok ga bayar tiket masuknya, kecuali buat nyebrang ke Gili Trawangan, harus bayar kapal buat nyebrang Rp 15.000/orang.

  
  
  
  
[Sedikit Hasil Jepretan di Pulau Lombok]

Setelah keliling2 dan sebenernya gue belum puas karna waktu yg gue punya cuman bentar, gue terpaksa harus buru2 ke terminal karna uda jam 15.30an. Gue nyampe terminal uda hampir jam 16.30, kira2 gue nunggu sekitar 30menit, akhirnya bis berangkat juga. Bis nyampe Pelabuhan Lembar sekitar jam 18.30, yg bikin kesel, gara2 cuaca yg lagi jelek dan gelombang lagi gede2nya, penyebrangan ditutup, karna ga bisa nyebrang dan harus nunggu sampe cuaca memungkinkan buat nyebrang, gue dan semua orang yg mau nyebrang pake kapal ferry akhirnya istirahat dimanapun tempat yg bisa dijadiin istirahat, ada yg tidur di Ruang Tunggu Penumpang, Mushola Pelabuhan, Bis ato tempat laennya yg bisa buat istirahat.

 
 
[Suasana di Ruang Tunggu Penumpang]

Rabu,14 Maret 2012, Kira2 setelah nunggu 11jam ato waktu itu sekitar jam 5pagi, bis bisa naek kapal ferry dan kapal langsung berangkat, tapi yg bikin rada ngeri, kapten yg bawa kapal ferry gue itu milih jalur cepet tapi ombaknya lumayan gede, beda sama kapal2 laen karna lebih milih nyari jalur aman daripada jalur yg cepet. Dalam perjalanan di atas kapal ferry, kapal terasa banget goyang gara2 ombak yg gede, anginnya juga waktu itu kenceng banget. Akhirnya setelah melaut sekitar 4 jam, gue sampe Pelabuhan Padang Bai sekitar jam 10an pagi, abis itu bis langsung lanjut jalan ke Term. Ubung, nyampe terminal kira2 jam11an.

Setelah turun dari bis, tujuan selanjutnya nyari penginapan di daerah Kuta, dapet referensi kalo mau nginep murah ada di Jalan Popies. Sebenernya gue pengen ke Kuta naek angkot, tapi gara2 kena bujuk rayu dari tukang ojek akhirnya gue ngojrk, dengan pertimbangan cepet nyampe aja, soalnya kalo naek angkot takut kelamaaan di jalan, tapi resiko ongkos naek ojek rada mahal dikit, buat ongkos naek ojek dari Term. Ubung ke daerah Kuta bayar Rp 30.000, kata tukang ojeknya sih itu uda yg paling murah, soalnya gue juga kurang tau pasarannya berapa yg penting gue bisa dapet penginapan cepet dan bisa langsung jalan2 di Bali.

Gue dianter sama tukang ojek ke daerah Jalan Popies 1, terus muter2 nyari penginapan di daerah itu, akhirnya sekitar jam 2, gue dapet penginapan "Ayu Beach Inn", yg tarifnya Rp 100.000/hari, gue ngambil 1 hari di situ, so buat penginapan gue ngabisin duit Rp 200.000. Slese beres2 di kamar, gue langsung hubungin orang yg dari KASKUS yg buka lapak rental motor, tapi dia baru bisa nyampe sekitar jam 4an, yauda sambil nunggu dia dateng gue istirahat bentar di kamar, abis istirahat, gue jalan2 ke Pantai Kuta, karna jarak pantai sama tempat gue nginep ga gitu jauh, gue jalan kaki ke pantai buat nikmatin pemandangan di Pantai Kuta.

  
[Kamar Penginapan Ayu Beach Inn @ Jalan Popies 1]

Pas jalan2 di Pantai Kuta, gue ngeliat ada ibu2 di trotoar kaya jual makanan, karna penasaran gue samperin, terus nanya jualan makanan apa, ibu itu bilang ini namanya Nasi Bali, kalo dari harga 1 porsi Nasi Bali relatif, tergantung pake lauk apa, tapi harganya kisaran Rp 7.000.

[Nasi Bali]

Pas banget slese makan, orang yg tadi gue hubungin dari KASKUS sms gue kalo uda sampe daerah parkiran Pantai Kuta, tarif sewa motor Rp 50.000/24jam, gue sewa 2 hari, jadi ongkos sewa motor Rp 100.000/2hari, pas saat itu juga kita langsung akrab [Nyoman namanya], Nyoman langsung ngajakin ke tempat rental motor + tokonya, dia buka toko yg jual baju2 khas Bali di daerah Jimbaran, pas sampe di sana kita ngobrol2 bentar sama adek + istrinya.

Ga tau gimana, dia nawarin buat nganterin ke objek wisata yg deket2 daerah itu, tapi yg mau nganterin adeknya [Kadek namanya], gue waktu itu langsung diajak ke Garuda Wisnu Kencana (GWK) sama Daerah DreamLand. Tiket buat masuk ke Garuda Wisnu Kencana Rp 30.000, di dalem GWK gue bisa liat banyak objek, ga nyesel bayar segitu tadi. Kalo buat DreamLand sendiri, itu kaya dataran tinggi/bukit yg kalo malem bisa liat kota dari atas bukit, tapi karna pas gue sampe di sana masih sore, belum keliatan lampu2 kota, kata Kadek bagus kalo malem, tapi tempat itu sekarang uda sepi, dulu waktu pertama2 dibuka buat umum katanya rame terus tiap sore menjelang malem.

[Miniatur Garuda Wisnu Kencana (GWK)]

[AmphiTheatre @ GWK]

 
[Jadwal Pementasan di Amphitheatre GWK]

 
[Plaza Kura-Kura]
 
[Plaza Wisnu]

 
[Plaza Garuda]

 
[Patung Perdamaian @ GWK]

 

[Balairung Dewi Sri @ GWK]


  
[Suasana Di Dalam Balairung Dewi Sri]

 
[Rental ATV | Bali Art Market @ GWK]

Puas ngunjungin GWK gue balik ke tempat rental motor, hampir menjelang gelap gue di sana, ngobrol sana/i tentang objek wisata di Bali, akhirnya setelah dapet pencerahan banyak, gue balik ke penginapan. Gue nyampe penginapan sekitar jam 19.30, langsung mandi terus jalan2 malem di sekitar Jalan Pantai Kuta sama Jalan Legian. Pas jalan2 gue dapet kenalan baru, dapet cerita banyak dari dia, terus gue juga ditunjukin tempat makan yg enak + murah di daerah Matahari Dept. Store, tepatnya di kantinnya. Gue liat harganya lumayan murah, tapi malem itu gue lagi ga pengen makan, gue langsung lanjutin jalan malam2 gue. Gue sempet mampir bentar di tempat yg lagi banyak pemuda/i yg lagi latihan buat persiapan Hari Raya Nyepi.



  
[Persiapan Perayaan Nyepi]

Ga nyangka waktu di Bali itu cepet banget lewat, ga terasa uda mau jam 11an malem aja, akhirnya gue balik ke penginapan buat istirahat bersiap u/perjalanan besok.


===============================================

Catatan Pengeluaran;
1. Ongkos Bis Bali - Lombok = Rp 120.000
2. Ongkos Penyebrangan ke Gili Trawangan = Rp 15.000
3. Ongkos Ojek Term. Ubung - Kuta = Rp 30.000
4. Biaya Penginapan = Rp 200.000/2hari
5. Sewa Motor = Rp 100.000
6. Tiket Masuk GWK = Rp 30.000
Total Pengeluaran = Rp 495.000

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar