Jumat, 20 April 2012

Solo Trip Bali Lombok *Part 2*

Minggu, 11 Maret 2012 sekitar jam 15.30 gue berangkat dari daerah Ragunan naek angkot S15A dengan tujuan Terminal Pasar Minggu [Tarif angkot Rp 2000], perjalanan kira2 cuma 15 menit, dengan catatan ga macet waktu itu. Kata temen gue, ada bus yg berangkat dari Terminal Pasar Minggu ke Bandara Soekarno – Hatta dan ternyata emang ada bis ke sana, tarif bis Rp 20.000. Kira2 1jam perjalanan naek bis sampe Terminal 3 Bandara Soekarno – Hatta, kalo ga salah gue nyampe Bandara jam 5an. Pesawat gue berangkat jam 19.30, tapi gue uda nyampe Bandara jam 5an, akhirnya gue nunggu di Bandara sambil ngobrol sama orang2 yg ada di Bandara. Yg bikin gue heran tiap kali gue cerita ke orang2 kalo pengen jalan2 ke Bali Lombok sendirian, mereka ga percaya dan bingung, ada juga yg bilang nekad, kurang kerjaan, ato sejenisnyalah, tapi ada juga yg pernah ngalamin kaya apa yg gue lakuin.

Akhirnya waktu yg gue tunggu2 dateng, pesawat gue berangkat tepat waktu jam 19.30 dan pas dalam perjalanan gue pake buat tidur, lumayan sekitar 2jam gue tidur. Pesawat mendarat dengan mulus di Bandara Ngurah Rai sekitar jam 22.30, karna waktu perjalanan naek pesawat sekitar 2jam ditambah perbedaan waktu Jakarta [WIB] – Bali [WITA], jadi masih ditambah 1jam lagi.

Sebenernya abis nyampe Bandara gue niatnya langsung pengen nyebrang ke Lombok, tapi dapet saran dari orang2 yg ada di Bandara, mending berangkatnya pagi aja, soalnya transport buat ke sana rada langka kalo tengah malem, terus dikasih saran juga kalo istirahat aja di daerah Kuta, cari2 penginapan di daerah situ, gue setuju dengan saran orang2 yg ada di Bandara. Akhirnya gue naek ojek ke daerah2 Kuta buat nyari penginapan [ongkos ojek Rp 20.000], kalo naek taksi bisa Rp 50.000 lebih, kalo menurut gue ongkos ojek sama taksi mahal, kalo misal pengen lebih ngirit lagi, mending jalan kaki dari Bandara ke daerah Kuta, karna gue ngerasa ga gitu jauh, tapi dengan catetan asal kuat jalan, hehe. . .

Setibanya di sebuah hotel, niat gue cuma numpang istirahat aja sampe pagi, gue ijin ke penjaga hotel buat numpang tidur sampe pagi, itung2 nemenin dia jaga di pos penjagaan hotel itu. Gue dapet ijin dari penjaga hotel, kalo ga salah namanya "Hotel Darmadi", mungkin gue berjodoh sama Hotel itu, karna nama hotel itu “Darmadi”, ampir mirip kaya nama belakang gue “Sudarmadi”, akhirnya gue istirahat di hotel itu.

[Istirahat di Pos Penjagaan Hotel Darmadi]

Senin, 12 Maret 2012, berangkat sekitar jam 4 dr hotel dianter Bapak Kabid [Penjaga hotel] naek motor ke Term.Ubung, gue ngasih Rp 20.000 buat ongkos sampe terminal Ubung, Denpasar. Gue dapet saran dari Pak Kabid kalo mau ke Lombok mending naek bis aja daripada nyambung2, lebih enak; irit biaya, irit waktu dan ga cape di jalan. Waktu itu gue naek bis Titian Mas dengan Jurusan Malang – Denpasar – Mataram – Sumbawa, ongkos buat naek bis dari Terminal Ubung [Bali] – Mataram [Lombok] Rp 150. 000 [Uda termasuk ongkos nyebrang naek kapal ferry], sebenernya bisa bayar cuma Rp 120.000, itu kalo naek dari luar terminal, tapi dengan resiko ga dapet tempat duduk, karna gue naek dari dalem terminal aja uda penuh banget, ampir ga dapet tempat duduk, katanya yg selisih Rp 30.000 itu buat ongkos calo dan bla bla bla. Gue nunggu bis di Term. Ubung kira2 hampir 3jam, gue nunggu dari jam 5, tapi bis baru sampe jam 7.30an, terus baru berangkat dari terminal jam 8an. Oh iya, gue di Terminal dapet 2 kenalan temen baru, yg 1 PNS di Kota Mataram [Lombok], trus yg 1nya lagi Instruktur Surfing di Odyssey Surf School [Kuta] [http://www.odysseysurfschool.com/]

[Bis Titian Mas | Suasana di Dalam Bis]

Perjalanan dari Term. Ubung sampe Pelabuhan Padang Bai sekitar 1jam, setibanya di Pelabuhan sekitar jam 9, disambut dengan antrian yg panjang beneeeeer buat nyebrang ke Lombok, ngantri nyebrang aja harus nunggu kira2 1jam, jadi baru mulai nyebrang jam 10 dan buat perjalanan naek kapak ferry butuh waktu kira2 4jam.

[Suasana Pel. Padang Bai | Kapal Ferry]

[Mushola di Atas Kapal Ferry | Full AC]

**Sedikit saran buat yg mau naek kapal, mending beli/bawa makanan dari rumah ato toko sebelum naek kapal, soalnya harga di kapal mahal banget**

Sampe Pelabuhan Lembar [Pulau Lombok] sekitar jam 2an, bis langsung lanjut jalan menuju Terminal Mandalika, Mataram. Bis masuk terminal sekitar jam 3an, gue turun bareng kenalan gue yg td kenalan di Term. Ubung dan dapet tumpangan naek taksi gratis, terus juga dicariin penginapan pula sama dia, akhirnya dapet penginapan di Hotel Nanda, gue ambil yg tarif Rp 75.000/hari.

[Alamat Hotel Nanda | Tarif Kamar di Hotel Nanda]

[Keadaan Di Dalam Kamar]

Setelah sampe penginapan dan uda jam 4an, maunya gue langsung lanjut jalan karna pengen ngejar Sunset di Pantai Senggigi, tapi belom tau mau naek apa, akhirnya tanya ke penjaga hotel, pas dicariin tempat rental motor, ternyata motor lagi kepake semua. Gue bingung ampir putus asa mau naek apaan, akhirnya penjaga hotel nawarin motornya, abis dapet pinjeman motor gue langsung menuju ke pantai.

[Gagal Sunset di Pulau Lombok]

Sebenernya gue ga tau pantai apa yg gue datengin, yg penting waktu itu gue pengen ngambil gambar Sunset di pantainya Pulau Lombok, tapi gue kurang beruntung karna pas gue uda sampe pantai, cuaca tiba2 berubah jadi mendung, jadi gue ga dapet foto Sunset[Gagal Sunset].

Hampir menjelang gelap gue balik ke penginapan, tapi gue jadi kaya orang ilang, soalnya gue ga tau nama daerah/lokasi Hotel Nanda, akhirnya gue nyusur balik jalan tadi gue berangkat, tapi tetep aja gue masih harus nanya2 ke orang2, akhirnya dengan insting Penjelajah, sampelah di penginapan dengan selamat.

Setibanya di penginapan, gue langsung mandi, karna dari awal gue berangkat dari Jakarta, baru malam itu badan gue keguyur air, selesai mandi, karna laper, gue jalan keluar buat nyari makan malem, karna hobi gue makan mie rebus yg dimasak [Bukan mie instan], akhirnya gue dapet warung yg nyediain menu mie rebus, katanya sih itu mie rebus khas bikinan Pulau Lombok, soalnya yg gue rasain ya emang beda sama mie yg pernah gue coba, makan malem mie rebus ditambah es teh manis cukup bayar Rp 10.000. Pas uda slese makan, pengen lanjut jalan2 malem di Kota Mataram, baru jalan bentar, eh tiba2 ujan turun, akhirnya karna ujan makin deres aja, mending balik ke penginapan. Kayanya gue emang disuruh istirahat, karna emang dari kemaren ga bisa istirahat tenang. So malem itu gue langsung tidur di penginapan dan menyiapkan tenaga untuk petualangan hari esok. . .