Minggu, 29 Juli 2012

Wisata Alam Bandung [Situ Patenggang]


Situ Patenggang atau biasa disebut Situ Patengan yaitu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam di daerah Ciwidey Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia. Situ Patenggang terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang menurut gue lumayan bagus, masih alami.


Objek wisata Situ Patenggang berada di areal Perkebunan Teh Ranca Bali sekitar 50 km selatan Kota Bandung dan biasanya menjadi objek wisata yang pamungkas setelah para wisatan menikmati Alam Ciwidey dan  Bandung Selatan, Kawah Putih Gunung Patuha dan perkebunan Teh Ranca Bali.


Sedikit informasi yang gue dapet tentang objek wisata ini:

Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda, Pateangan-teangan (saling mencari). Mengisahkan citra Putra Prabu dari Putri titisan Dewi yang besar alam, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk sekian lamanya, karena cintanya yang begitu mendalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan "Batu Cinta".


Dewi Rengganis pun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara / Pulau Sasaka). 


Menurut cerita, yang singgah di batu dan mengelilingi pulau asmara, senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti  Ki Santang dan Dewi Rengganis.


Untuk menikmati objek wisata ini disediakan fasilitas perahu yang bisa disewa untuk mengelilingi sebuah pulau kecil yang berada di tengah danau yang bernama Pulau Sasuka.


[Fasilitas Perahu Di Situ Patenggang]

Pulau kecil, rindang dengan banyaknya tumbuhan pohon tinggi yang di dalamnya. 



Sementara di seberang danau terdapat lokasi yang cukup menarik, yang diberi nama Batu Cinta yang konon dipercaya akan memberi kelanggengan cinta bagi pasangan yang datang berkunjung ke lokasi tersebut.


[Batu Cinta]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar