Senin, 07 April 2014

Sepenggal Cerita Arus Balik Lebaran 2012

Alkisah, sedikit pengalaman perjalanan dari Sukoharjo [Kota tempat gue lahir] menuju Jakarta [Kota tempat mengais rupiah].

Lebaran Tahun 2012, gue pulang kampung naek Mio kesayangan. Dari Jakarta menuju Sukoharjo, gue lewat Rute Pantai Utara Jawa ato yg lebih dikenal "Pantura", tapi buat perjalanan dari Sukoharjo menuju Jakarta, gue coba buat lewat Jalur Selatan. Perjalanan Lewat Jalur Selatan ga kaya waktu gue lewat Pantura, kalo saat lewat Pantura, gue jarang berhenti buat mampir/singgah, palingan gue berhenti cuma buat isi tangki Mio gue.

Pengalaman yg ga gue lupain, perjalanan lewat Jalur Selatan gue sempetin mampir ke rumah tmn2 yg gue lewatin selama lewat Jalur Selatan. Moment jarang2 bisa gue lakuin, seneng bisa ketemu dan silahturahmi dalam rangka Lebaran, soalnya masih dalam rangka Idul Fitri.

Yang paling bikin gue kecewa, dr rumah gue ga bawa kamera buat dokumentasi selama perjalanan, alhasil dengan kamera seadanya, gue bisa dapet moment sama tmn2 yang gue singgahin selama perjalanan balik ke Jakarta lewat Jalur Selatan.

Persinggahan pertama gue yaitu Kota Klaten, lebih tepatnya di Alun-Alun Kota Klaten, gue ketemu sama 4 temen gue yg domisili di Klaten. Di sana gue kongkow2 di salah satu angkringan di Alun2 Kota Klaten, kurang lebih sekitar 2jam gue ngobrol sana-sini sama tmn2 gue. Selepas Sholat Maghrib gue lanjut jalan2 menuju Kota dJogdja. Matur nuwun sanget buat Bashir, Pia, Juki & Gito.

@ Alun-Alun Kota Klaten

Sekitar jam 9 malem, gue sampe di Kota Yogyakarta, ketemuan sama 2 orang tmn gue di tempat kongkow yg gue sendiri lupa namanya, soalnya gue kesana dikasih tau sama adek sepupu gue dan ga ngapalin nama tempatnya. Yang tambah bikin nyesel, gue sama sekali ga mengabadikan moment ketemuan sama tmn2 gue di dJogdja :| Jadinya gue ga ada poto2 bareng sama mereka. Matur nuwun buat Lina (adek sepupu gue), Bondan + Taji.

Malem itu gue nginep di rumah nenek gue yg ada di dJogdja. Paginya baru deh gue lanjut jalan ke tujuan selanjutnya yaitu Kota Purworejo. Di sana gue ketemuan di salah satu rmh temen gue, panggilannya Bara. Gue kaget banget sewaktu sampe rmh Bara, niat awal cm mampir singgah bentar, eh ga taunya malah disuruh makan siang sekalian disana. Kan gue jadi enak, haha, terima kasih Bara dan keluarga. Tidak lupa juga matur nuwun buat Ima, Gina, Ipin yang uda ngeluangin waktu buat ketemuan di rumah Bara, terima kasih.

@ Kota Purworejo [Rumah temen gue ~> Bara Hitapuru]

Selesai Makan Pulang (SMP), ya itu gue banget, selesai numpang makan siang gratis di rmh tmn gue, perjalanan pun berlanjut. Kota selanjutnya yaitu Kebumen, uda jauh2 hari sebelum Hari-H, gue hubungi tmn2 gue yg ada di Kebumen. Di Kota Kebumen, gue ketemu sama Bardi sama Sundari di Alun-Alun Kota Kebumen sambil minum Es Campur :9 Ga gitu lama, sekitar 1 jam ketemuan sama mereka, gue melanjutkan perjalanan ke Kota Purwokerto. Matur nuwun sanget buat Bardi dan Sundari.

@ Alun-Alun Kota Kebumen

Sekitar jam 4, gue sampe di Kota Purwokerto, dan masih harus nyari alamat om gue buat numpang tidur semalem di Kota Purwokerto. Akhirnya setelah muter2 nyari alamat rmh om gue, ketemu jg tuh rmh dan betapa beruntungnya gue, begitu sampe rmh, langsung turun ujan. Awalnya gue pengen ketemuan sama tmn2 gue yang ada di Purwokerto, tp gara2 ujan, alhasil pertemuan batal dan ditunda esok harinya.

Gue ketemuan sama tmn2 gue di Bunto`s Chicken, kalo ga salah sekitaran Alun-Alun Kota Purwokerto. Matur nuwun sanget buat Siska, Diaz sama Dihar yang uda nyempetin waktu dateng jauh2, bahkan ada yg keabisan bensin pulak, haahaa, terima kasih yaaa. . .

@ Kota Purwokerto

Perjalanan berlanjut kembali dengan tujuan Kota Tasikmalaya, menurut gue perjalanan ke Tasik jadi perjalanan yang rasanya nano-nano, mulai dari bosan di perjalanan, ampir keabisan bensin bahkan sempet nyeruduk motor di depan gue gara2 ada angkot brenti mendadak dan saat itu gue mulai ngantuk, tp akhirnya setelah perjalanan panjang, sampai juga di Tasik.

Begitu sampe di Kota Tasikmalaya, gue hubungi salah satu tmn gue, dan janjian di suatu tempat. Ga selang bbrp lama, gue ktm sama Dedes (nama panggilan tmn gue), abis ketemuan trus diajakin mampir bentar di rumahnya, eh ga taunya dipaksa makan siang disana, haha, masa rejeki ditolak kan, yauda deh gue makan disana, nhah setelah itu gue sama Dedes brkt ke rumah salah satu tmn gue jg yg ada di Tasik, namanya Jeni. Cuma mampir bentar di rumah Jeni, gue diajak keliling Kota Tasik dan diajak makan lagi, padahal tadi abis makan di rumah Dedes :|

Tapi apa daya, demi cobain kuliner khas Kota Tasik, jadilah gue makan lagi, alhasil perut gue jadi gembul banget gara2 makan banyak banget :| Abis makan, tmn2 gue ngajakin ke salah satu objek di Tasik, kata mereka sih namanya Situ Gede. Saat itu kondisi Situ Gede lagi surut karena lagi musim kemarau, tapi gapapa lumayan buat refresh sebelum lanjut ke kota selanjutnya. Puas istirahat nikmatin suasana Situ Gede di Kota Tasik, gue lanjutin perjalanan ke Kota Garut. Sekitar jam 17.30an, gue brkt menuju ke Garut. Hatur nuhun ya Dedes + Jeni, Luv u aaaalll :*

@ Situ Gede, Kota Tasikmalaya

Perjalanan dari Kota Tasik menuju Kota Garut ngelewatin jalan yg berliku-liku, sesampainya di Garut uda malem. Saat itu gue pikir kalo gue tersesat, soalnya ada suatu daerah yang sepi banget, jauh dari keramaian, ga ada rumah2 penduduk, gelap ga ada lampu, uda pikiran negatif aja yang ada di kepala, wkwkwk.

Akhirnya setelah sempet nyasar entah kemana tau, gue sampe juga di rumah temen gue yang ada di daerah Situ Bagendit, malem itu untungnya gue bisa numpang istirahat semalem di temen gue, Deden namanya. Bersyukur banget diijinin nginep disana, ga bisa bayangin aja kalo gue ga bisa nginep di rumah Deden, mau tidur dimana gueeeeee :| ?? *Lebay*

Alhamdulillah bisa tidur pules di rumah Deden, paginya setelah makan pagi bareng2, gue pamitan sama keluarga Deden buat melanjutkan perjalanan lagi. Sebelum lanjut ke kota selanjutnya, gue keliling Kota Garut sambil beli sedikit buah tangan khas dari Garut, sempetin mampir ke Alun-Alun Kota Garut dan Masjid Agung Garut. Hatur nuhun sanget Deden beserta keluargaaa, terima kasiiiiih. . .

@ Kota Garut

Puas dengan keliling Kota Garut dan beli sedikit buah tangan dari Garut, gue lanjutin perjalanan ke Kota Bandung. Sekitar jam 2, gue sampe di Bandung, di sana gue ketemuan sama 2 orang tmn yg berdomisili di Bandung. Diajak keliling Kota Bandung bentar, poto2 di beberapa tempat di Bandung, trus lanjutin perjalanan ke Jakarta. Hatur nuhun buat Reno dan Annnas yg uda luangin waktu buat ketemuan di Kota Bandung.

Selepas Bandung, turun hujan yang awet banget ga brenti2, mulai dari perbatasan Bandung - Cimahi sampe gue nyampe rumah kaka gue di Jakarta, ckckck, untung tas gue aman ga basah sampe ke dalem2. OKE !!! Dengan sampenya gue di tempat tujuan tanpa kurang suatu apapun, berakhir pula kisah perjalanan gue balik dari Kampung Halaman gue menuju Kota Tempat Mengadu Nasib (Jakarta).

@ Kota Bandung

Perjalanan 4 hari 3 malam yang tak terlupakan, kenangan yang terukir sepanjang perjalanan, pengalaman yang hebat, bertemu dengan orang-orang yang luar biasa. Terima kasih atas semuanyaaa. . .

Sampai jumpa di perjalanan luar biasa selanjutnya yang pastinya tak kalah seru. . .